Pages

Rabu, 20 Juni 2012

Apresiasi Film


Judul film         : Sang Pemimpi
Sutradara         : Riri Riza
Produksi           : Miles Film & Mizan Production

Sinopsis
Berkisah tentang persahabatan dan sebuah impian antara Ikal, Arai, dan Jimbrong. Persahabatan yang terjalin sejak kecil. Arai adalah sepupu Ikal,  yang kemudian diasuh oleh kedua orang tua Ikal setelah kematian ayah Arai. . Sedangkan Jimbrong adalah anak yatim piatu yang gagap karena melihat ayahnya meninggal dunia, setelah ayahnya meninggal Jimbrong diasuh oleh pendeta Giovanny. Walaupun berbeda agama pendeta Giovanny ingin Jimbrong taat menjalani agama Islam. Mereka bertiga menghabiskan masa kecil mereka di Gantong, Bangka Belitung. Lalu, mereka bertiga pindah ke Manggar untuk melanjutkan sekolah di SMA Negeri Manggar, SMA pertama yang berdiri di Belitung bagian timur. Mereka bersekolah di pagi hari dan bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan pada dini hari Mereka bertiga mengidolakan guru Julian Ichsan Balia karena memberikan inspirasi luar biasa dalam mendidik tetapi berbeda 180 derajat dengan kepala sekolah Pak Mustar karena sistemnya yang memberikan hukuman bagi yang lalai.
Lika – liku kehidupan tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga ketika bertahan hidup, dunia cinta dan kehidupan remaja. Saat mereka bertiga beranjak remaja, Arai jatuh cinta dengan seseorang yang bernama Zakiah Nurmala. Kemudian si Jimbron dengan Laksmi yang profesinya sebagai buruh di pabrik cincau. lain halnya dengan Ikal yang tertarik dengan seorang wanita yang ada di poster iklan di film bioskop indonesia.
 Karena bimbang dengan kondisinya, Ikal merasa putus asa dan berusaha menghilangkan semua impiannya untuk sekolah ke Eropa bersama Arai. Karena sikap Ikal inilah membuat hati ayahnya kecewa besar.
Karena rasa bersalah yang besar kepada ayahnya, ikal kemudian bangkit lagi bersama teman temannya yang senasib seperjuangan untuk meraih mimpi. Akhirnya mereka lulus sekolah dengan nilai yang memuaskan. Ikal dan Arai ke Jakarta dengan menumpang kapal milik bang Rokib, sedangkan Jimbrong tetap tinggal bersama Laksmi. Namun, Ikal dan Arai tidak pernah sampai ke Jakarta dan terdampar di Bogor. Mereka giat bekerja sambil berusaha masuk Universitas Indonesia. Sampai akhirnya mereka masuk UI, Ikal dijurusan ekonomi dan Arai dijurusan biologi. Mereka lulus menjadi sarjana. Impian mereka tidak semudah yang mereka pikirkan. Apa lagi saat mereka kesusahan uang dan Arai yang tiba – tiba saja menghilang. Namun pada akhirnya mereka bertemu kembali dan mendapatkan beasiswa ke Paris.


Apresiasi Film
1.      Tema dan Amanat
Tema : Persahabatan dan impian.
Amanat:
·         Siapapun boleh bermimpi, jangan pernah takut untuk bermimpi dan berusahalah dengan keras untuk meraih mimpi kita.
·         Tolong menolonglah sesama manusia.
·         Jangan mudah berpikir buruk tentang seseorang.
2.      Penokohan
1.         Ikal:  sahabat Arai sekaligus saudara jauh Arai. Ia adalah anak yang pintar, namun ia mempunyai sedikit keraguan atas mimpi – mimpinya.
2.         Arai :  Seseorang yang mampu melihat keindahan di balik sesuatu, sangat optimis dan selalu melihat suatu peristiwa dari kaca mata yang positif. Sosok yang begitu spontan , pintar, dan jenaka, seolah tak ada sesuatupun di dunia ini yang akan membuatnya sedih dan patah semangat.
3.         Ayah Ikal : orang tua yang baik dan penuh pengertian terhadap anak – anaknya.
4.         Ibu Ikal : orang tua yang baik dan juga penuh perhatian pada anak – anaknya. Suka menolong sesamanya.
5.         Jimbron, anak yatim piatu yang diasuh oleh seorang pastur Katolik bernama Geovanny.Laki-laki bertubuh subur ini sangat polos. Segala hal tentang kuda adalah obsesinya, Pendeta Geovanny, ia adalah seorang Katolik yang mengasuh Jimbron selepas kepergian kedua orangtua Jimbron. Meskipun berbeda agama dengan Jimbron, beliau tidak memaksakan Jimbron untuk turut menjadi umat Katolik.
6.         Pak Mustar  adalah salah satu pendiri SMA Negeri Manggar. Ia adalah kepala sekolah SMA Negeri Manggar, seorang yang baik, namun ia akan menjadi galak apabila murid didiknya tidak patuh dengan peraturan sekolah.
7.         Pak Julian Ichsan Balia; Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar. Laki-laki muda, tampan,.  Baik hati, dan penuh semangat dalam mengajar.
8.         Nurmala; Zakiah Nurmala binti Berahim Mantarum,gadis pujaan Arai sejak pertama kali Arai melihatnya. Nurmala adalah gadis yang pandai
9.         Laksmi; gadis pujaan Jimbron. Telah kehilangan kedua orangtuanya dan tinggal serta bekerja di sebuah pabrik cincau. Semenjak kepergian orangtuanya ia tidak pernah lagi tersenyum, walaupun senyumnya amat manis. Ia baru dapat tersenyum ketika Jimbron datang mengendarai sebuah kuda putih milik Capo.
10.       Capo Lam Nyet Pho; Seorang yang memungkinkan berbagai hal sebagai objek untuk bisnisnya. Bahkan ketika PN Timah terancam kolaps, ia melakukan ide untuk membuka peternakan kuda meskipun kuda adalah hewan yang asing bagi komunitas Melayu.
11.       Taikong Hamim; Guru mengaji di masjid di kampung Gantung. Dikenal sebagai sosok nonkonfromis dan sering memberlakukan hukuman fisik kepada anak-anak yang melakukan kesalahan.
12.        Bang Zaitun; Seniman musik pemimpin sebuah kelompok Orkes Melayu. Dikenal sebagai orang yang pernah mempunyai banyak pacar dan memiliki 4 istri.
13.       Mak Cik Mariamah: baik hati, dan penuh kasih sayang.
14.       Nurmi; Berbakat memainkan biola, mewarisi biola dan bakat dari ayahnya. Nurmi adalah tetangga Arai dan Ikal, seumuran, dan dia adalah gadis yang sangat mencintai biola.
3.      Alur
Alur campuran (maju mundur).  Alur campuran adalah alur yang diawali klimaks, kemudian melihat lagi masa lampau dan dilanjutkan sampai pada penyelesaian. Oleh karena itu, cerita yang menggunakan alur ini ada bagian yang menceritakan masa lalu dan masa mendatang.

4.      Latar
Latar Tempat:

·         Tempat kost Ikal dan Arai di Bogor.
·         Kantor Pos di Bogor.
·         SMA Negeri Manggar, Bangka Belitung
·         Pasar Manggar.
·         Sungai di daerah Gantong, Bangka Belitung.
·         Hutan di daerah Gantong
·         Masjid di Gantong
·         Rumah Orang tua Ikal dan Arai di Gantong.
·         Toko yang menjual beras, tepung ,dan lain-lain.
·         Rumah Mak Cik Mariamah
·         Tempat kost Ikal, Arai, dan Jimbrong di Manggar.
·         Bioskop
·         Pelabuhan Manggar
·         Rumah Bang Zaitun.
·         Lapangan golf.
·         Rumah Zakia.
·         P.N. Timah
·         Tempat foto copy.
·         Kampus
Latar Waktu:
·         1980
·         1985
·         1988
·         1993
·         1999
·         2000
Latar Suasana:
·         Senang
·         Sedih  dan mengharukan
·         Marah
·         Bimbang

5.      Sudut Pandang
Orang pertama pelaku utama yaitu penulis berlaku sebagai pelaku utama dalam cerita. Ciri-ciri yang biasa dipakai adalah, dengan menggunakan kata-kata, saya, aku, beta, hamba. Bahasa yang dipakai dalam tulisan, bisa merupakan perpaduan antara pendapat, maupun kata-kata hati.

1 komentar:

Miliana mengatakan...

suka banget sama novelnya juga

sindo news

Posting Komentar

 

(c)2009 This is my blog. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger